Khamis, 4 Julai 2013

Thabit Ibnu Qurra (Pendiri Ilmu Keseimbangan)


SMAHADZIR

THABIT IBNU QURRA merupakan pendiri Ilmu Keseimbangan berkat buku penting yang ditulisnya bertajuk, Fi’l-Qarastun (Keseimbangan Balok). Inilah karyanya yang monumental dalam bidang Ilmu Mekanik. Ilmuwan Islam tersohor zaman ke kuasaan Dinasti Abbasiyah ini dikenali sebagai pakar matematik. Menurut JJ O’Connor dan EF Robertson, pakar matematik Islam dari abad ke 9 Masehi itu telah berjasa dalam meletakkan dasar-dasar matematik moden. Beliau memainkan peranan penting dalam penemuan hitungan integral, geometri analitik, dalil trigonometri lingkaran, serta konsep angka-angka real.

‘Dalam ilmu mekanik, dia adalah seorang pendiri ilmu statik (ilmu keseimbangan),’ ujar O’Connor dan Robertson dalam tulisannya tentang biografi ilmuwan ini. Ilmuan Islam dari Harran, Mesopotamia (Turki), itu juga menguasai ilmu pakar astronomi. Dalam bidang luar angkasa ini, sejarah telah mencatatnya sebagai salah seorang pembaharu pertama terhadap sistem ptolemeus.

Nama lengkapnya, Thabit Ibn Qurra Ibn Marwan Al-Sabi’Al-Harrani. Beliau dilahirkan pada 836 Masehi di Harran, Mesopotamia - sekarang Turki. Awalnya, dia adalah anggota kelompok Sabian - kelompok penyembah bintang. Lantaran menuhankan bintang, anggota kelompok ini sangat termotivasi untuk mempelajari astronomi. Pada zamannya, kelompok ini telah melahirkan sederet pakar astronomi dan pakar matematik berkualiti.

‘Kelompok ini memiliki hubungan yang kuat dengan Peradaban Yunani, sehingga mengadopsi kebudayaannya,’ ujar O’Connor dan Robertson. Ketika Islam berkembang makin meluas, kelompok Sabian yang awalnya berbahasa Yunani akhirnya berada dalam kekuasaan Dinasti Abbasiyah. Perlahan namun pasti, anggota kelompok Sabian juga mulai memeluk Islam. Mereka mulai menggunakan bahasa Arab menggantikan bahasa Yunani. Sejumlah dokumen menyebutkan, pada usia muda, Thabit berprofesyen sebagai pedagang penukaran mata wang. Ini menunjukkan bahawa Thabit berasal dari keluarga berada dan berpengaruh di komunitinya.

Sejak muda, Thabit sangat bijak. Beliau menguasai bahasa Arab, Yunani, dan Syriac. Suatu hari, seorang ilmuwan terkemuda dari Baghdad, Muhammad Ibnu Musa ibnu Shakir, berkunjung ke Harran. Beliau sungguh kagum dengan pengetahuan bahasa yang dikuasai oleh Thabit. ‘Sungguh seorang anak muda yang sangat berpotensi,’ ujar Ibnu Musa.

Thabit Ibnu Qurra kemudiannya berhijrah ke Baghdad, kota metropolis intelektual. Ibnu Musa memintanya agar belajar matematik darinya dan dari saudaranya. Tawaran itu tidak disia-siakan oleh Thabit. Beliau pun berhijrah meninggalkan tanah kelahirannya untuk menimba ilmu matematik dan belajar ilmu kedoktoran di Baghdad.

Setelah menamatkan pendidikannya, dia kembali ke kota kelahirannya, Harran. Sayangnya, dia harus berhadapan dengan pengadilan lantaran pemikirannya yang dianggap berbahaya. Bagi menghindari hukuman, Thabit pun lari ke Baghdad. Di pusat pemerintahan Abbasiyah itu, dia mengabdikan dirinya sebagai pakar astronomi istana. Thabit juga berada dalam lindungan Khalifah Al-Mu’tadid, salah seorang khalifah Abbasiyah yang terkemuka.

Kemampuan Thabit dalam bahasa Arab dan Yunani dimanfaatkan oleh khalifah. Thabit diminta untuk menterjemahkan teks-teks berbahasa Yunani ke dalam bahasa Arab. Sebagai pakar matematik, Thabit pun menterjemahkan karya-karya besar yang ditulis Peradaban Yunani. Meski bertugas untuk menterjemahkan karya-karya besar, bukan bererti Thabit hanya menciplak pengetahuan dari Yunani. Berbekalkan kepintaran mindanya, ilmuwan Islam yang briliant ini telah menemui sederet penemuan yang sangat penting bagi perkembangan ilmu matematik.

Selain itu, Thabit juga berjasa dalam mengembangkan ilmu astronomi. Karya Thabit dalam astronomi yang terkenal berjudul, Concerning the Motion of the Eighth Sphere. Selain itu, beliau juga menerbitkan hasil pengamatannya tentang matahari. Hingga kini, tidak kurang dari lapan risalah yang ditulisnya pada abad ke-9 Masehi tentang astronomi masih digunakan. Thabit juga telah memainkan peranan yang sangat penting dalam menjadikan astronomi sebagai ilmu eksak. Beliau telah meneorisasi hubungan observasi dan teori, mematematisasi astronomi, serta fokus pada penentangan hubungan antara astronomi matematik dengan astronomi fizikal.

Salah sebuah karya besar Thabit telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin oleh Gherard of Cremona. Tidak hairanlah, jika karya Thabit itu menjadi sangat populer di dunia Barat. Melalui karyanya itu, Thabit mampu membuktikan asas-asas keseimbangan pengungkit. Dalam bidang falsafah, Thabit juga banyak melahirkan risalah. Salah satu risalahnya yang masih digunakan adalah hasil perbualannya dengan Abu Musa Isa ibnu Usayyid - muridnya yang beragam Kristian. Kepada Thabit Ibnu Usayyid, Abu Musa banyak bertanya tentang berbagai hal dan semuanya dijawab oleh Thabit. Risalah perbualan antara Thabit dengan muridnya itu hingga kini masih ada. Risalah itu masih jadi bahan diskusi dan perdebatan.

Meski terpengaruh dengan Plato dan Aristoteles, namun Thabit juga kerap mengkritik idea-idea ilmuwan asal Yunani itu. Thabit banyak membetulkan pemikiran Plato dan Aristoteles, khususnya mengenai gerakan (motion). Hal itu kelihatan pada idea-ideanya yang didasarkan pada penerimaan penggunaan pendapat mengenai gerakan dalam argumen-argumen geometriknya.

Semasa hidupnya, Thabit juga menulis risalah tentang logika, psikologi, etika, klasifikasi ilmu, tatabahasa Syriac, politik, agama, serta kebudayaan Sabian. Jejaknya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dilanjutkan oleh puteranya, Sinan ibnu Thabit, dan cucunya, Ibrahim ibnu Sinan ibnu Thabit. Kedua-dua lelaki itu juga menjelma sebagai ilmuwan besar yang juga berperanan dalam mengembangkan ilmu matematik.

Thabit meninggal dunia pada 18 Februari 901 Masehi di Baghdad. Meski begitu, jasa dan sumbangannya dalam beragam ilmu hingga kini masih dikenang. Jasanya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan layak dijadikan contoh oleh generasi muda Islam di era globalisasi ini. ‘Hanya dengan menguasai ilmu pengetahuanlah, Islam akan bangkit dan menguasai dunia,’ ujar Dr Youssef Chebli Phd, ketua World Islamic Mission Association.

Pencetus Teori Bilangan Bersahabat

Salah satu penemuan penting yang diwariskan oleh Thabit Ibnu Qurra bagi peradaban manusia moden adalah teori bilangan bersahabat (amicable number). Yakni, pasangan bilangan yang mempunyai sifat unik; dua bilangan yang masing-masingnya adalah jumlah dari pembahagi sejati bilangan lainnya. Thabit berjaya mencipta rumus bilangan bersahabat sebagai berikut:

p = 3 x 2n11
q = 3 x 2n1
r = 9 x 22n11

Penjelasannya: n > 1 adalah sebuah bilangan bulat. p, qr, dan r adalah bilangan prima. Sedangkan, 2npq dan 2nr adalah sepasang bilangan bersahabat. Rumus ini menghasilkan pasangan bersahabat (220; 284), sama seperti pasangan (17296, 18416) dan pasangan (9363584; 9437056). Pasangan (6232; 6368) juga bersahabat, namun tidak dihasilkan dari rumus di atas.

Teori bilangan bersahabat yang dikembangkan Thabit juga telah menarik perhatian pakar matematik sesudahnya. Abu Mansur Tahir Al-Baghdadi (980 Masehi-1037 Masehi) juga turut mengembangkan teori bilangan ini. Selain itu, pakar matematik Al Madshritti (meninggal dunia 1007 Masehi) juga tertarik mengembangkannya. Ilmuwan Islam lainnya yang mengembangkan teori itu adalah Al-Farisi (1260 Masehi-1320 Masehi).

Tidak hanya pakar matematik Islam yang tertarik dengan teori bilangan bersahabat. Ilmuwan yang diagung-agungkan peradaban Barat, Rene Descartes (1596 Masehi- 1650 Masehi), juga mengembangkannya. Peradaban Barat kerap mendakwa teori bilangan bersahabat berasal dari Descartes. Selain itu, pakar matematik lain yang mengembangkan teori ini adalah C Rudolphus.

Pasangan bilangan bersahabat dikembangkan lagi oleh Euler. Jika Thabit hanya menyebut tiga pasang bilangan bersahabat, Euler menambahnya menjadi lebih dari 59 bilangan bersahabat. Akibatnya, sejarah matematik pun seakan-akan menutupi jasa Thabit Ibnu Qurra sebagai penemu pertama bilangan bersahabat.

Peradaban Barat memang pandai memanupulasi fakta sejarah. Hal itu terbukti pada klaim yang menyatakan pasangan (9363584; 9437056) ditemui oleh Descartes. Hakikatnya, pasangan bilangan bersahabat itu pertama kali ditemui oleh Muhammad Baqir Yazdi di Iran.


Tiada ulasan:

Catat Ulasan

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ASMAUL HUSNA