SMAHADZIR
IBNU YUNUS (950 -1009 Masehi)
adalah salah seorang ilmuan Islam yang namanya diabadikan pada sebuah kawah di
permukaan bulan. Tentu bukan tanpa sebab mengapa International Astronomical
Union (IAU) ini mengabadikan nama beliau di kawah bulan. Melalui karya
besarnya yang berjudul Al-Zij Al-Hakimi Al-Kabir, Ibnu Yunus
dipandang telah berjasa menyusun sebuah tabel yang sangat lengkap.
Hakikatnya, Ibnu Yunus atau Abu
Al-Hasan Ali abi Said Abd Al-Rahman ibnu Ahmad ibnu Yunus Al-Sadafi Al-Misri
ini adalah seorang pakar astronomi agung yang dilahirkan di Mesir. Sayangnya,
sejarah kehidupan masa kecilnya hampir tidak ditemui. Para sejarawan terbahagi
dalam dua pendapat soal tahun kelahiran ilmuan ini. Sebahagian kalangan
meyakini Ibnu Yunus lahir pada tahun 950 Masehi dan ada pula yang berpendapat
pada 952 Masehi. Ibnu Yunus dilahirkan di kota Fustat, Mesir. Sewaktu masih
belia, beliau menjadi saksi jatuhnya Mesir ke genggaman Dinasti Fatimiyah.
Kekhalifahan yang menganut aliran Syiah itu mendirikan pusat kekuasaannya di
Kaherah pada 969 Masehi.
Ilmuan ini mengembangkan ilmu
pengetahuan seperti astronomi, matematik dan astrologi di bawah lindungan
Kekhalifahan Fatimiyah. Ibnu Yunus mengabdikan dirinya selama 26 tahun bagi
pengembangan sains di era kepemimpinan Khalifah Al-Azis dan Al-Hakim, penguasa
Dinasti Fatimiyah. Ibnu Yunus tercatat melakukan observasi astronomi selama 30
tahun dari 977 hingga 1003 Masehi yang didedikasikan untuk dua orang khalifah.
Dengan menggunakan astrolabe yang besar, hingga berdiameter 1.4 meter,
Ibnu Yunus telah membuat lebih dari 10 ribu catatan mengenai kedudukan matahari
sepanjang tahun.
Secara khusus, beliau
menulis Al-Zij Al-Hakimi Al-kabir bagi khalifah Al-Hakim.
Meski sejarah masa kecilnya tidak terungkap, yang jelas Ibnu Yunus berasal dari
sebuah keluarga tersohor di tanah kelahirannnya. Ayahnya adalah seorang
sejarawan, penulis biografi, dan ulama hadis terkemuka. Ayah beliau dikenali
sebagai salah seorang penulis sejarah Mesir pertama. Ada dua volume
sejarah Mesir yang ditulis ayah oleh Ibnu Yunus, yakni tentang orang-orang
Mesir, dan pendapat para pelancong tentang Mesir.
‘Ayah Ibnu Yunus merupakan
seorang pengarang yang memiliki banyak karya. Salah sebuah karyanya menjelaskan
tentang perayaan di Mesir. Ayahnya juga dikenali sebagai orang yang pertama
kali menyusun kamus biografi yang dibuat khusus untuk orang-orang Mesir,’ ujar
Dale F Eickelman dan James Piscatori dalam karyanya Muslim Travellers:
Pilgrimage, Migration, and the Religious Imagination. Menurut Eickelman dan
Piscatori, datuk Ibnu Yunus juga terkenal. Beliau merupakan sahabat ilmuan termasyhur
Al-Shafi.
Sumbangan
Dalam Bidang Astronomi
Ibnu Yunus sangat terkenal
dengan karya besarnya berjudul Al-Zij Al-Hakimi Al-Kabir. Buku
yang ditulisnya itu mengupas tentang tabel astronomi – sebuah hasil
kajian yang sangat lengkap. NM Swerdlow dalam karyanya Montucla’s Legacy:
The History of the Exact Sciences mengungkapkan, Al-Zij
Al-Hakimi Al-Kabir merupakan salah sebuah karya astronomi yang sangat
mashyur. Menurut Swerdlow, buku yang ditulis oleh Ibnu Yunus terbukti
kebenarannya. Sayangnya, buku yang fenomenal itu, kini tidak lagi utuh, hanya
tersisa sebahagian saja. Buku itu ditulisnya untuk dipersembahkan kepada
Khalifah Al-Hakim. Buku yang dituliskannya itu begitu populer di era kejayaan
peradaban Islam.
Tabel yang
disusunnya itu digunakan untuk beragam keperluan astronomi. Salah satunya untuk
kepentingan penanggalan yang digunakan masyarakat Islam di beberapa wilayah
seperti Suriah. Selain itu, tabel itu juga mengupas tentang teori jam
matahari serta mampu menentukan garis bujur dan lintang matahari, bulan dan
planet. Tabel Ibnu Yunus juga digunakan untuk menentukan arah kiblat.
Karya penting Ibnu Yunus dalam
astronomi yang lainnya adalah Ghayat Al-Intifa. Buku itu berisi tabel
bola astronomi yang digunakan untuk mengatur waktu di Kaherah, Mesir hingga
abad ke 19 Masehi. Sebagai pakar astronomi tersohor, Ibnu Yunus melakukan
kajian dan observasi astronomi secara hati-hati dan teliti. Tidak hairanlah,
jika berbagai penemuannya berkaitan dengan astronomi selalu lengkap dan tepat.
Ibnu Yunus juga diyakini para
sejarawan sebagai orang pertama yang menggunakan bandul untuk mengukur waktu
pada abad ke 10 Masehi. Beliau menggunakan bandul untuk memastikan akurasi dan
ketepatan waktu. Dengan begitu, Ibnu Yunus merupakan penemu pertama bandul
waktu, bukan Edward Bernard dari England, seperti yang didakwa masyarakat
Barat.
Tidak hanya itu, Ibnu Yunus
juga telah mampu menjelaskan 40 planet pada abad ke 10 Masehi. Selain itu,
beliau juga telah menyaksikan 30 gerhana bulan. Beliau mampu menjelaskan
konjungsi planet secara lengkap yang terjadi pada abad itu. ‘Konjungsi Venus
dan Merkuri pada Gemini. Waktu itu kira-kira lapan ekuinoksial jam selepas
pertengahan hari, pada hari Ahad. Merkuri berada di utara Venus dan garis
lintang mereka berbeza tiga darjah,’ ujar Ibnu Yunus.
Buah pemikiran Ibnu Yunus mampu
mempengaruhi ilmuan Barat. ‘Pada abad ke 19 Masehi, Simon Newcomb menggunakan
teori yang ditemui Ibnu Yunus untuk menentukan percepatan bulan,’ papar John J
O’Connor, dan Edmund F Robertson, dalam karya yang berjudul Abul-Hasan
Ali ibnu Abd Al-Rahman ibnu Yunus. Menurut Zaimeche dalam karyanya The
Islam Pioneers of Astronomiy, kajian Ibnu Yunus yang lain juga telah
menginspirasi Laplace berkaitan dengan arah miring matahari dan
ketidaksamarataan Jupiter dan Saturn.
Ibnu Yunus memang fenomenal.
Secara tekun dan penuh ketelitian, beliau telah melakukan pemerhatian lebih
dari 10 ribu input untuk kedudukan matahari dengan memakai sebuah astrolable
monumental yang besar berdiameter 1.4 meter. Ilmuan ini meninggal dunia pada
1009 Masehi. Meski, Ibnu Yunus telah meninggal dunia belasan abad yang lalu,
namun nama besarnya masih abadi hingga kini.
Sumbangan Bagi
Peradaban
Selain berjasa mengembangkan
bidang astronomi, Ibnu Yunus juga turut membesarkan ilmu-ilmu lain yang
penting, seperti matematik dan astrologi. Dalam bidang astrologi, beliau
membuat berbagai prediksi dalam tulisan yang dirangkum dalam buku Bulugh
Al-Umniyya. Sebagai seorang peramal, Ibnu Yunus sempat memprediksi hari
kematiannya. Meski badannya segar bugar, pada tahun 1009, beliau meramal
dirinya akan meninggal dunia tujuh hari lagi. Sejak itu, beliau membaca
Al-Quran berulang-ulang. Hingga akhirnya, beliau meninggal dunia pada hari yang
diprediksikannya.
Ibnu Yunus juga dikenali
sebagai pakar matematik ulung. Beliau telah menguasai trigonometri yang sangat
rumit pada abad ke 10 Masehi. Matematik yang dikuasainya itu dikembangkan untuk
meneliti dan menguak rahsia benda-benda di langit. Beliau memadukan matematik
untuk mengembangkan astronomi. Salah satu buktinya, buku Al-Jiz
Al-Hakimi Al-Kabir yang ditulisnya berisi ratusan rumusan yang
digunakan dalam spherical astronomiy.
Ilmuan ini telah memberi
inspirasi dan pengaruh dalam bidang astronomi di dunia Islam mahupun Barat.
Salah seorang pakar astronomi Islam terkemuka yang banyak menerapkan buah
pemikiran Ibnu Yunus adalah Al-Tusi. Melalui Ilkhani zij yang
ditulis Al-Tusi, hasil kajian Ibnu Yunus tentang bulan dan matahari masih tetap
digunakan.
Banyak sumber mendakwa bahawa
Ibnu Yunus menggunakan sebuah bandul untuk mengukur waktu. Hal itu dicatat oleh
Gregory Good dalam Sciences of the Earth: An Encyclopedia of Events, People,
and Phenomena. Penemuannya itu juga diakui oleh Roger G Newton dalam Galileo’s
Pendulum: From the Rhythm of Time to the Making of Matter.
Ibnu Yunus juga telah membuat
rumusan waktu. Beliau menggunakan nilai kemiringan sudut rotasi bumi terhadap
bidang ekliptik sebesar 23.5 darjah. Tabel tersebut cukup lengkap,
walaupun terdapat beberapa kesilapan untuk altitude yang besar. Ibnu
Yunus juga menyusun tabel yang disebut as-Samt berupa azimuth
matahari sebagai fungsi altitude dan longitude matahari untuk
kota Kaherah. Selain itu, disusun pula tabel a(h) sewaktu equinox untuk h = 1,
2, …, 60 darjah.
Tabel untuk
menghitung lama siang hari (length of daylight) juga disusun oleh Ibnu
Yunus. Beliau juga menyusun tabel untuk menentukan azimuth
matahari untuk kota Kaherah (latitude 30 darjah) dan Baghdad (latitude
33:25), tabel sinus untuk amplitude terbitnya matahari di Kaherah
dan Baghdad. Ibnu Yunus juga disebut sebagai penyumbang utama untuk penyusunan
jadual waktu di Kaherah.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan